Chat with us, powered by LiveChat Ciri Ayam Sakit Atau Sedang Mengidap Penyakit Ayam Mematikan - Seputar Sabong Sv388
Ciri Ayam Sakit Atau Sedang Mengidap Penyakit Ayam Mematikan

Ciri Ayam Sakit Atau Sedang Mengidap Penyakit Ayam Mematikan

Sebagai seorang majikan ataupun petarnak ayam aduan, sebaiknya kita mengenal lebih banyak tentang kesehataan hewan peliharan kita. Karena kematian ayam yang kita pelihara sebelum sempat menghasilkan keuntungan adalah hal yang paling menyakitkan. Kita bukan hanya membuang – buang waktu saja tenaga dan pikiran juga menjadi terbuang sia – sia.

Ciri – Ciri Ayam Sakit Dari Fisik Tubuhnya

Ciri ciri ayam sakit dapat kita lihat dari kelakuan dan fisik yang tidak biasa. Fisik ayam sakit terlihat dari ciri kepala ayam yang tidak biasa. Biasanya jika terkena penyakit ayam tertentu, jenggernya akan berwarna biru atau pucat. Mata ayam juga terlihat mengantung dan terlihat lemas. Selain itu mata atau hidung dari ayam yang menderita penyakit seperti snot akan mengeluarkan lendir atau cairan. Selain itu terdengar pula suara ngorok atau dengkuran yang disebabkan oleh nafas yang tersumbat.

Ciri ayam sakit kedua dapat kita lihat berdasarkan bulu tubuhnya. Jika bulu ayam aduan yang sedang anda rawat terlihat mengembang, biasanya ada penyakit berbahaya tertentu yang sudah menjangkitnya. Segeralah memberikan pengobatan tertentu atau datangi dokter hewan terdekat sebelum terjadi hal yang tidak dingginkan.

Kaki juga dapat menandakan ciri ciri dari ayam sakit. Biasanya ayam yang sedang sakit akan menjadi lemas sehingga tidak dapat berdiri tegak. Sering kali ayam membungkuk atau bahkan tidak dapat begerak dari kandangnya. Hal seperti biasanya terjadi karena penyakit turun urat atau penyakit berak kapur.

Kloaka menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan ketika akan mengecek kesehatan ayam aduan. Jika kloaka ayam terdapat banyak kotoran – kotoran yang menempel bisa jadi pencernaannya terganggu. Penyakit – penyakit ayam seperti ini biasanya disebabkan oleh bakteri. Meski merupakan penyakit yang ringgan namun harus cepat diobati.

Meski bukan ciri fisik ayam sakit namun kotoran ayam juga dapat menjadi pedoman untuk melihat kesehatan ayam. Jika kotaran ayam aduan berwarna, hijau, kuning, putih, serta terdapat lendir maka kemungkinan ayam terserang cacing, virus atau bakteri. Penyakit ayam ini akan membuat ayam menjadi lemas bahkan mengalami kematian. Segeralah memberikan pertolongan pertolongan pertolongan pertama pada ayam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *