Chat with us, powered by LiveChat Tips Mengatasi Ayam Bangkok Di Gigit Nyamuk - ayam aduan Sv388
Tips Mengatasi Ayam Bangkok Di Gigit Nyamuk

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Di Gigit Nyamuk

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Di Gigit Nyamuk – pemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan memang menjadi tugas setiap bobotoh sabung ayam. Selain guna meningkatkan teknik tarung namun hal ini juga berguna dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan bakteri dan virus agar tidak mudah sakit.

Salah satunya seperti yang kerap terjadi adalah mengatasi masalah ayam aduan yang tergigit nyamuk. Tak jarang banyak bobotoh yang sering kali dihadapkan dengan masalah satu ini dan bingung dalam mengatasinya. Adapun ayam aduan yang tergigit nyamuk tidak boleh dibiarkan dengan begitu saja karena dapat mempengaruhi kualitas tarung sekaligus penampilan yang dimiliki.

Mengatasi Ayam Bangkok Di Gigit Nyamuk Dengan Beberapa Cara Ini

Sebelum ke tahap pengobatan, bobotoh terlebih dahulu wajib mengetahui alasan banyaknya nyamuk yang menyerang ayam aduan diantaranya karena.

  • Kondisi kandang yang kotor dan lembab
  • Banyaknya genangan air di sekitar kandang akibat saluran air yang macet dan jarang dibersihkan
  • Kurangnya sinar matahari yang masuk
  • Ayam aduan berada dalam kondisi yang kotor dan tidak terawat
  • Kurangnya pencahayaan di malam hari dan masih banyak lagi

1. Pengolesan Minyak Tawon Atau Minyak Kayu Putih

Untuk ayam aduan yang tergigit nyamuk dapat langsung dioleskan minyak tawon atau minyak kayu putih. Yakni dengan menuangkan minyak tawon atau minyak kayu putih ke kapas atau cotton bud kemudian berikan di daerah tubuh ayam yang tergigit. Adapun bau dari minyak putih ini akan membuat ayam menjauh karena baunya yang tidak disukai.

2. Pengunaan Krim Khusus

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan krim khusus yakni seperti BirdCream yang memang sudah terkenal ampuh dalam mengatasi luka gigitan nyamuk. Berikan krim satu ini setiap malam langsung tubuh ayam guna menjauhkan ayam dari gigitan nyamuk.

3. Menggunakan Obat Nyamuk

Agar tidak ada lagi nyamuk yang datang, bobtooh dapat mencoba meletakan obat nyamuk bakar di sekitar kandang. Cara ini tentu akan membuat nyamuk menjauh meski demikian selalu perhatikan penempatan obat nyamuk bakar satu ini agar tidak membahayakan kandang dan sang ayam.

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Di Gigit Nyamuk

4. Menutup Kandang

Selanjutnya adalah dengan menutup atau menyelubung kandang ayam menggunakan di malam hari. Tentu hal ini akan menghalangi nyamuk masuk ke dalam kandang namun diingatkan untuk membuat lubang kecil agar ayam tetap dapat bernapas.

5. Rutin Membersihkan Kandang

Terakhir adalah dengan rutin menjaga sekaligus membersihkan kandang ayam dari kotoran serta sisa pakan yang menumpuk. Kandang yang kotor tentu akan menjadi sarang yang nyaman bagi nyamuk untuk berdatangan. Tidak hanya mengusir nyamuk, kandang yang bersih tentu juga akan membuat ayam terhindari penyakit yang menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *