Chat with us, powered by LiveChat Perawatan Luka Ayam Setelah Selesai Bertanding - ayam aduan Sv388
Perawatan Luka Ayam Setelah Selesai Bertanding

Perawatan Luka Ayam Setelah Selesai Bertanding

Perawatan Luka Ayam Setelah Selesai Bertanding – pemberian perawatan kepada ayam bangkok yang baru saja diadu memang menjadi tugas wajib setiap bobotoh. Dimana hal ini bertujuan untuk memulihkan kondisi fisik serta stamina dan mental ayam agar nantinya dapat ditarungkan kembali.

Biasanya ayam yang baru saja selesai diadu, sering kali mendapatkan luka dari pukulan lawan dibeberapa bagian tubuhnya. Hal ini tentu harus segera diobati agar luka yang diterima tidak semakin parah. Dimana dalam perawatannya tidak boleh dilakukan dengan sembarang karena malah merusak tubuh ayam dan bukan membantunya.

Perawatan Ayam Bangkok Usai Diadu Guna Pulihkan Stamina

1. Penanganan Luka Kecil Ayam Aduan

Perawatan pertama yang akan dijelaskan diterapkan kepada ayam yang mengalami luka ringan atau tidak terlalu parah. Seperti hanya lecet kecil dari pukulan atau patukan lawan di arena laga. Untuk perawatannya dapat dimulai dengan membersihkan luka menggunakan air bersih. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian Betadine atau Tetayokcin ke daerah yang terluka.

2. Penanganan Luka Serius Ayam Aduan

Untuk penanganan luka satu ini tentu akan berbeda lagi dan harus lebih dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya salah sedikit saja maka dapat membahayakan nyawa sang ayam. Sebelum memulainya, kenali terlebih dahulu luka yang ada ditubuh ayam.

Untuk luka robek dapat diatasi dengan menjahit langsung menggunakan benang halus. Jika sudah selesai dijahit, lanjutkan dengan memandikan ayam menggunakan air hangat. Keringkan tubuh ayam dan kemudian gunakan kain yang sudah direndam dengan air es untuk mengompres luka ayam guna menghentikan pendarahan.

Bobotoh juga dapat memanfaatkan getah pisang serta betadine untuk bagian luka yang terus mengeluarkan darah. Kemudian jika bagian paruh ayam yang patah dapat langsung dipasang kembali dengan diikat atau dilem. Hal ini dilakukan agar nantinya paruh yang baru tumbuh tidak cacat.

Berikan juga antibiotik khusus untuk mempercepat proses penyembuhan. Antibiotik pada ayam kini juga beragam seperti salah satunya yang dianjurkan seperti amoxicilin dan yunan paiao atau sejenisnya.

Jenis Perawatan Ayam Bangkok Usai Diadu

3. Perawatan Tambahan

Selama proses pemulihan berlangsung, bobotoh juga dapat memberikan perawatan tambahan lainnya. Mulai dari pemberian suplemen khusus guna memulihkan stamina baik itu berasal dari bahan herbal hingga obat kimia. Bobotoh juga disarankan untuk memisahkan ayam yang sedang diobati agar penyembuhan semakin cepat dan tidak menerima gangguan dari ayam lainnya.

Cukupi juga kebutuhan pakan sang ayam dengan pemberian pakan bernutrisi. Dianjurkan untuk memberikan pakan yang mudah dicerna seperti nasi dan sejenisnya agar mempermudah pencernaan ayam yang masih lemah.

Rawat ayam yang baru saja selesai diadu secara rutin agar dapat lebih cepat sembuh. Dimana nantinya sang ayam dapat kembali pulih sedia kala dan siap ditarungkan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *