Chat with us, powered by LiveChat Penyebab Ayam Aduan Kurus Hingga Sulit Gemuk - ayam aduan Sv388
Penyebab Ayam Aduan Kurus Hingga Sulit Gemuk

Penyebab Ayam Aduan Kurus Hingga Sulit Gemuk

Penyebab Ayam Aduan Kurus Hingga Sulit Gemuk- pemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan memang sudah menjadi tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini ditujukan agar kualitas tarung ayam meningkat sekaligus menjaga kondisi fisik dan pertumbuhan yang dimiliki.

Sayangnya tidak jarang meski sudah diberikan perawatan namun bobotoh sering kali menjumpai sejumlah kendala. Salah satunya seperti ayam aduan yang terlihat kurus hingga sulit gemuk meski sudah mendapatkan perawatan. Tentu ayam aduan yang kurus akan menjadi masalah serius bagi para bobotoh dikarenakan akan mempengaruhi proses pertumbuhan sehingga tidak ideal.

Penyebab Ayam Aduan Kurus Hingga Sulit Gemuk Yang Sering Terjadi

1. Terkena Penyakit Cacingan

Penyebab yang paling sering terjadi kepada ayam aduan yang kurus adalah akibat terkena penyakit cacingan yang menyerang langsung sistem pencernaan. Biasanya penyakit ini ditandai dengan nafsu makan yang menurun, bulu yang kusam hingga terlihat lemas dan tidak bersemangat. Dan jika dibiarkan akan membuat ayam menjadi kurus dan menghambat proses pertumbuhan.

Agar tidak semakin parah, tentu bobotoh harus melakukan sejumlah pengobatan. Adapun terdapat beberapa cara dalam mengatasi ayam aduan cacingan mulai dari pemberian obat cacing hingga penggunaan ramuan herbal seperti buah pinang.

2. Pakan Kurang Nutrisi

Faktor selanjutnya yang juga dapat terjadi adalah pemberian pakan yang tidak bernutrisi. Pakan merupakan kunci utama dalam menunjang pertumbuhan ayam sehingga penting untuk diperhatikan. Meski bobotoh sudah memberikan pakan yang maksimal berupa jagung dan air secara rutin namun nyatanya hal ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ayam. Untuk mengatasinya, bobotoh dapat melakukan kombinasi pakan berupa mencampurkan nasi, beras, konsentrat, sayur-sayuran.

Hal ini juga bertujuan agar ayam aduan tidak merasa bosan dan bobotoh juga dapat menambahkan pemberian ramuan jamu khusus.

3. Faktor Keturunan

Adapun faktor keturunan juga dapat menjadi pengaruh pada ukuran tubuh sang ayam aduan. Dimana hal ini diturunkan langsung kepada pacek dan babon yang nantinya sangat mempengaruhi kondisi fisik, teknik, bakat hingga kecerdasaan anakan yang dihasilkan. Jika dari awal kedua indukan memiliki tubuh yang kecil tentu besar kemungkinan bahwa anakan yang dihasilkan juga sama ukurannya.

4. Terlalu Aktif

Terlalu banyak bergerak dan aktif juga dapat menjadi pemicu ayam aduan menjadi kurus dan sulit gemuk. Hal ini dikarenakan banyaknya lemak yang terbakar selama ayam aduan bergerak ketimbang ayam aduan yang malas. Untuk mengatasinya, bobotoh dapat menempatkan ayam aduan dalam kandang bok ditambah dengan pemberian pakan bernutrisi.

Penyebab Ayam Aduan Kurus Hingga Sulit Gemuk

5. Proses Perkawinan

Faktanya proses perkawinan dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran terutama kepada ayam aduan yang masih berusia muda. Pasalnya di usia ini, ayam aduan memang masih dalam proses pertumbuhan. Namun hal ini juga bisa saja terjadi pada ayam yang sudah dewasa dimana nantinya sang ayam akan kehilangan nafsu makan dan lebih suka memberikan pakannya untuk para betina guna menarik perhatian.

6. Struktur Tulangan

Faktor terakhir dan masih menjadi perdebatan di kalangan bobotoh adalah masalah struktur tulangan. Dimana sebagian bobotoh percaya bahwa ayam aduan dengan tulangan kecil akan kesulitan untuk gemuk. Hal ini dapat dinilai dari kenamapkan kaki, jika berukuran kecil maka ayam aduan digolongkan dengan struktur tulangan kecil dan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *