Chat with us, powered by LiveChat Merawat dan Menjaga Kesehatan Ayam Hias - ayam aduan Sv388
Merawat dan Menjaga Kesehatan Ayam Hias

Merawat dan Menjaga Kesehatan Ayam Hias

Merawat dan Menjaga Kesehatan Ayam Hias – ada beberapa langkah penyesuaian yang bisa dilakukan secara perlahan. Pertama, berikan obat antistress berupa vitamin B kompleks dan B12. Kedua, saat ayam ditempatkan di kandang barunya, anda bisa memberikan pakan sebagaimana pakan yang diberikan ketika di tempat lama. Selanjutnya, anda bisa menyesuaikan pemberian pakan sedikit demi sedikit.

Ketika menempatkan ayam di lingkungan barunya, Anda juga harus membuat lingkungan tersebut mirip dengan lingkungan lama ayam tersebut pernah tinggal. Sebagai contoh, dalam pembuatan kandang, anda harus memperhatikan kandang yang cocok dengan jenis ayam yang dibeli.

Upaya tersebut bisa dilakukan dengan beberapa tindakan berikut. Pertama, memberikan jumlah pakan sesuai dengan kemampuan atau kapasitas ayam hias tersebut. Maka dari itu, dalam hal ini anda harus mengusahakan kadar yang diberikan dapat diberikan oleh ayam tersebut. Anda bisa memberikan memberikan biji-bijian untuk menu pagi dan sore serta pakan voer basah untuk siang hari.

Setiap jenis pakan yang diberikan tersebut juga harus berkualitas. Sebagai menu sampingan, anda bisa memberikan minyak ikan, bubuk daging dan tulang, dan bubuk hati.

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan ayam hias yang dibudidayakan, Anda bisa memberikan ayam tersebut multivitamin setiap 3 hari sekali dengan vitamin seperti AD Plex dan Vitachick.

Obat anti kutu juga bisa diberikan sekali dalam seminggu.Untuk ayam yang terlihat sakit, Anda bisa memberikan multivitamin dan menempatkannya di kandang secara terpisah sebagai bentuk karantina agar penyakit tidak menyebar ke ayam lain.

Pengobatan juga harus dilakukan seintensif mungkin. Jika ayam dirasa sudah tidak tertolong, Anda bisa memusnahkannya dengan cara dibakar.

Selain menjaga kesehatan dengan memberikan vitamin, agar ayam lebih sehat dan kuat, dalam ternak ayam hias Anda juga harus memandikan ayam secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *