Chat with us, powered by LiveChat Kualitas Ayam Tarung Menurun Karena Stress - ayam aduan Sv388
Kualitas Ayam Tarung Menurun Karena Stress

Kualitas Ayam Tarung Menurun Karena Stress

Kualitas Ayam Tarung Menurun Karena Stress –pemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan tentu sudah menjadi tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dengan tujuan menjaga kualitas tarung ayam agar tidak terganggu dari serangan penyakit hingga stress yang melanda.

Faktanya stress pada ayam aduan memang sangat berbahaya apabila dibiarkan begitu saja. Mulai dari menurunnya sistem bertarung, mudah terkena penyakit hingga menurunnya mental ayam yang nantinya akan sulit dipulihkan. Ayam aduan dalam kondisi ini juga dipastikan tidak akan mampu melakukan laga tarung karena akan berakhir dengan kekalahan.

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Stress Guna Menjaga Kualitas Tarung

1. Suhu Kandang

Suhu dalam kandang ayam aduan pada dasarnya dapat menjadi pemicu munculnya stress pada ayam aduan. Dimana suhu yang panas akan mudah membuat ayam mengalami dehidrasi sehingga lebih sering minum ketimbang mengambil pakannya. Sedangkan jika terlalu dingin dapat memunculkan sifat kanibalisme dan mempengaruhi konsumsi pakan. Untuk penyelesaiannya adalah dengan menjaga suhu kandang agar berada dalam kondisi normal yakni tidak terlalu panas maupun dingin.

2. Kandang Yang Sempit

Kemudian adalah penempatan ayam aduan dalam kandang dengan ukuran yang sempit sehingga membuatnya tidak leluasa bergerak dan menyebabkannya menjadi stress. Maka dari itu pastikan  untuk selalu menempatkan ayam aduan dalam kandang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya serta jumlahnya. Hal ini juga akan mejaga pertumbuhan ayam agar dapat mencapai titik optimal.

3. Adanya Saluran Udara

Kandang yang ideal tentu harus dilengkapi dengan saluran udara yang lancar sehingga nantinya ayam aduan dapat bernafas dengan baik. Adapun hal ini juga akan mempengaruhi proses pertukaran udara dalam kandang sehingga ayam akan menerima udah yang segar dan bersih. Berbeda dengan kondisi kamar yang pengap dimana nantinya akan sangat mudah memunculkan stress pada ayam aduan.

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Stress

4. Pemberian Vaksin

Selanjutnya adalah pemberian vaksin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus kualitas tarung. Tindakan ini sudah menjadi tugas wajib setiap bobotoh sehingga wajib dilakukan. Adapun dalam pemberiannya juga harus disesuaikan dengan kegunaan dan usia pada setiap ayam sehingga tidak sembarang. Ditambah lagi dalam proses pemberiannya juga harus aman sehingga tidak melukai sang ayam yang dapat menjadi pemicu munculnya stress. Biasanya pemberian vaksin dapat dilakukan melalui injeksi, melalui air minum, tetes mata atau hidung, semprot dan lain sebagainya.

5. Faktor Lain

Terakhir dan sering kali terjadi adalah adanya gangguan dari makhluk hidup lain. Sebut saja seperti gangguan dari suara yang keras dan bising seperti petasan dan suara kendraaan yang keras yang melewati sekitar kandang. Dan yang paling sering terjadi adalah akibat gangguan dari binatang lain. Untuk mengatasinya kini bobotoh dapat mencoba memasang pagar di sekeliling kandang agar ayam aduan tetap aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *